Search for:
Hal yang paling utama kita ajarkan kepada anak
Hal yang paling utama kita ajarkan kepada anak

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أََمَّا بَعْدُ

Bismillahirrohmanirrohiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, was-sholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursaliin, sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi aj’ma’iin, Amma ba’du.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Memiliki anak merupakan anugerah yang diberikan kepada kita sebagai orangtua, tentu hal tersebut menjadi tanggungjawab yang besar.

Banyak kita berpikir hal apa yang paling utama kita dapat berikan kepada anak, agar mereka mandiri, cerdas dan membanggakan untuk kita.

Hal yang paling kita dambakan adalah anak menjadi ladang pahala bagi kita, baik hidup maupun setelah kita meninggal (mati).

Ternyata dalam Islam pendidikan akhlaq adalah hal paling utama, maka wajib kita mengajarkan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang bernilai pahala dan mana yang bernilai dosa.

Hadits yang diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dan imam Al-Hakim dari sahabat Amr bin Sa’id bin Ash r.a.

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدَهُ أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَن

Nabi saw. bersabda, “Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan) tata krama (akhlaq) yang baik.”

Mengapa Akhlaq Itu Penting Untuk Anak?

Pada saat ini dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat dan cepat, mendidik anak menjadi sangat berat. Anak-anak kita lebih menyukai smartphone, komputer & internet. Maka dengan pendidikan akhlaq pada anak akan menjadi tameng untuk menjaga dan menghindari mereka dari sisi buruk teknologi saat ini.

Dengan pendidikan akhlaq pada anak, kita bisa mencegah mereka berbuat hal yang tidak patut dilakukan sebagai seorang muslim baik dalam keadaan terang-terangan maupun sembunyi. Sehingga, mereka dapat bergaul dengan siapa saja namun mentalnya telah terbentuk seorang muslim yang sejati.

Dengan Pendidikan Akhlaq Kita Memuliakan Anak

Sudah benar, dengan memberikan pendidikan akhlaq berarti kita ingin memuliakan anak, tidak ingin mereka menjadi rapuh dan tanpa arah.

Hadis yg diriwayatkan oleh imam Ibnu Majah dari sahabat Anas bin Malik r.a.

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: أَكْرِمُوا أَوْلَادَكُمْ وَأَحْسِنُوا آدَابَهُمْ.

Nabi saw. bersabda, “Muliakanlah anak-anak kalian dan ajarilah mereka akhlaq yang bagus.”

Pendidikan yang tinggi harus diimbangi oleh pendidikan akhlaq, agar mereka menjadi manusia yang membawa keteladan seperti yang dicontohkan Rasulullah Saw dalam bersikap dan bertindak.

Semoga bermanfaat,

Wassalamu’alaikum Wb. Wb.

Ustadz Dar